BAB I

BAB I

PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

   Penerimaan mahasiswa baru merupakan salah satu proses yang ada di instansi pendidikan seperti universitas dan perguruan tinggi berguna untuk menyaring calon mahasiswa yang terpilih sesuai kriteria yang ditentukan oleh universitas atau perguruan tinggi tersebut. Pada umumnya proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui tahapan pendaftaran, seleksi berkas, tes seleksi masuk, wawancara dan pengumuman penerimaan mahasiswa. Tahapan proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan oleh Perguruan Tinggi Raharja Tangerang.

   Mengingat akan pesatnya kemajuan teknologi yang sudah merambah kesemua bidang, serta pola kehidupan masyarakat pada saat ini telah relatif maju. Dapat dipastikan hampir sebagian besar orang saat ini terutama siswa/I SMA/K sudah memanfaatkan teknologi internet. Layanan Website menjadi salah satu layanan populer dan sangat diminati saat ini karena penggunaannya relative mudah serta biaya sangat murah.

    Kini berbagai macam aplikasi untuk membuat website dan mempercantiknya agar dapat lebih interaktive lagi sudah bisa  diperoleh dengan mudah. Website sebagai media informasi online memang telah diperkenalkan dan pertumbuhannya berkembang dengan pesat seiring perkembangan teknologi yang maju dengan sangat cepat. Hal-hal tersebut juga didukung dengan kemajuan pada sektor lain yaitu pada sektor telepon selullar yang pada saat sekarang ini sudah hampir semua telepon selullar memiliki fitur browser sebagai fasilitas untuk membuka Internet. Semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini menjadi suatu kebutuhan untuk sebuah Universitas ataupun Perguruan Tinggi memanfaatkan sebuah website adalah sesuatu yang sudah menjadi prioritas utama dalam salah satu usaha merekrut mahasiswa baru.

    Perguruan Tinggi Raharja mempunyai sistem iLearning (integrated iLearning) yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal untuk kebutuhan penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Raharja. Sangat disayangkan jika Sistem iLearning dengan 10 Pilarnya yang sudah demikian bagusnya tidak dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Raharja yang notabene seperti Kita ketahui bahwa mahasiswa adalah sumber pemasukan utama untuk keberlangsungan sebuah kampus dalam berbisnis di dunia pendidikan. Selain itu, di era sekarang ini dimana hampir semua siswa/i SMA/K yang menjadi target pemasaran dari marketing kampus sudah mampu dan sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari teknologi terutama internet, sangatlah pas jika pada masa sekarang ini marketing Perguruan Tinggi raharja sudah harus memaksimalkan strateginya dengan beralih kepada strategi marketing digital yang menitik beratkan pada promosi lewat internet atau media online sehingga hasilnya nanti akan lebih memuaskan dengan biaya promosi yang tentu saja dapat ditekan.

B.   Identifikasi Masalah

Dalam melakukan promosi penerimaan mahasiswa baru, Perguruan Tinggi Raharja terdapat berbagai macam masalah yaitu :

  1. Belum memilikinya sebuah sistem pendaftaran online yang bisa menampung calon mahasiswa yang ingin mendaftar tanpa harus datang ke kampus.
  2. Belum memilikinya sebuah sistem konsultasi online yang berbasis website sehingga setiap calon mahasiswa yang ingin konsultasi hanya terdapat 2 pilihan yaitu melalui telpon ataupun datang langsung ke kampus.
  3. Belum adanya petugas yang bertugas secara khusus mengelola website yang menangani penerimaan mahasiswa baru sehingga website kampus yang sudah ada terkesan hanya menampilkan berita penerimaan mahasiswa baru seadanya.

C.   Batasan Masalah

    Untuk lebih fokus, maka dalam penelitian ini hanya dibatasi masalah yang terkait dengan website untuk promosi kampus yang membawahi bidang penerimaan mahasiswa baru dengn cara membuat dan mengelola website tersebut sehingga dapat digunakan sebagai media promosi tim penerimaan mahasiswa baru secara online.

    Penelitian ini menggunakan sistem informasi yang telah ada di Perguruan Tinggi Raharja dan hanya mengembangkan 4 modul saja yaitu, Raharja Info ( Rinfo ), ilearning Education ( iDu ), Ilearning Education Help ( iDuHelp ), Ilearning Media ( iMe ), ilearning Survey ( iSur ), dengan Graphical User Interface (GUI) menggunakan java.

D.   Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang ada pada penelitian ini adalah

  1. Apakah rancangan sistem informasi iLearning yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Raharja dapat dikembangkan lagi untuk mendukung sistem informasi pada panitia penerimaan mahasiswa baru di Raharja ?
  2. Apakah sistem informasi iLearning tersebut dapat digunakan secara maksimal untuk mendukung sistem informasi bagi panitia penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Raharja ?
  3. Faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat dan mendukung sistem informasi iLearning untuk mendukung proses penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Raharja ?

E.    Tujuan dan Manfaat Penelitan

  1. Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk:

  1. Mengembangkan rancangan sistem informasi iLearning yang dimiliki oleh Perguruan Tinggi Raharja dapat dikembangkan lagi untuk mendukung sistem informasi pada panitia penerimaan mahasiswa baru di Raharja.
  2. Mengetahui sistem informasi iLearning tersebut dapat digunakan secara maksimal untuk mendukung sistem informasi bagi panitia penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Raharja.
  3. Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menghambat dan mendukung sistem informasi iLearning untuk mendukung proses penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Raharja.

2. Manfaat

Hasil penelitian ini diharapkan juga dapat memberikan manfaat praktis dan manfaat teoritis:

  1. Manfaat praktis dari hasil penelitian ini diharapkan agar dapat digunakan oleh Perguruan Tinggi Raharja dalam melakukan Promosi secara online.
  2. Manfaat berikutnya sebagai media pembantu bagi panitia penerimaan mahasiswa baru dalam melakukan tugasnya untuk merekrut calon mahasiswa baru yang berada diluar jangkauan, jika ada calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar namun berada di luar wilayah Tangerang, mereka tidak harus datang ke kampus Raharja.
  3. Manfaat teoritis dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan      bagi     penelitian yang berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru bagi sebuah universitas maupun sekolah tinggi.

F. Sistematika Penulisan

    Sistematika penulisan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai apa yang akan dibahas dalam tesis ini. Adapun sistematika penulisan ini sebagai berikut:

BAB I  PENDAHULUAN

    Berisikan Latar Belakang Penulisan, Masalah, Tujuan dan Manfaat, Ruang Lingkup/Batasan Masalah, dan Sistematika Penulisan.

BAB II  LANDASAN TEORI DAN KERANGKA KONSEP

    Membahas teori–teori yang berhubungan langsung dengan permasalahan yang dibahas, dan teori – teori penunjang dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Teori–teori yang dibahas meliputi penjelasan-penjelasan yang berkaitan dengan alur pada proses penerimaan mahasiswa baru yang ada di Perguruan Tinggi Raharja, dan teknik-teknik dalam proses pengembangan sistem informasi tersebut.

BAB III METODOLOGI DAN RANCANGAN PENELITIAN

    Bagian ini menguraikan langkah-langkah penelitian yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan dan metode-metode yang digunakan dalam setiap tahapan penelitian.

BAB IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

    Bagian ini menguraikan pengukuran dan analisis dari hasil pengembangan sistem iLearning, dilanjutkan dengan evaluasi dari uji coba sistem yang telah berjalan.

BAB V     PENUTUP

    Bagian ini merupakan penutup dari tesis, diuraikan kesimpulan dari penelitian dan saran-saran pengembangan.

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.